Skincare Routine (Untuk Remaja) 2017-2018


Assalamu’alaikum wa rahmatullah



Hello guys! Mumpung masih diberi waktu luang, saya mau post update skincare routine yang sudah saya pakai sejak taun 2017 sampai sekarang. Sebelumnya saya pernah nge-post skincare and makeup routine Disini, tapi dulu itu beda ya sama sekarang, cuaca di kota saya makin hari makin panas, dimana kota-kota di belahan Indonesia lain mengalami banjir karna hujan, beda sama tempat saya yang hujannya perminggu bisa dihitung dengan jari -_- panasss bok.
Begitu juga dengan kondisi kulit saya yang mulai berubah, dulu kombinasi normal cenderung berminyak,sekarang kombinasi-berminyak-kering ngeletek-dehidrasi-mudah kusam-dullness lengkap sudah :v. Saya ga tau selain emosional yang labil, remaja juga bisa mengalami kondisi kulit yang labil, tapi alhamdulillah saya masih jarang jerawatan, sedikit beda sama anak gadis kebanyakan :v.

Sebenarnya kulit saya dulu gaminta macam2, nurut ajin sama yg dikasi sama si pemilik kulit, setelah si pemilik kulit ini mulai jadi skincare enthusiast, si kulit jadi agak manja, minta diperhatiin mele kalo enggak ya balik lagi kyk dulu, komedoan.

Yakk, panjang amat intronya sya -_- sekarang saya akan kasi tau skincare routine yg sungguh simple ini, dimulai dari…

Cleanser

Salah satu basic skincare yang ga boleh skip kalau mau punya kulit bagus. Saya pakai dua jenis cleanser, milk dan foam, karna saya penganut double cleanser garis keras. Eh tapi cleanser cuman saya pakai kalau pulang sekolah sama sebelum tidur aja, kalau pagi harinya cumuk pakai aer doang.
First step tentu saja milk cleanser, karna sampai sekarang gapernah nemu orng yg make foaming wash dulu baru milk cleanser. Saya dulu pke water cleanser sejenis micellar gitu, tapi lama-lama malah bikin kering, sejak ganti ke milk kulit saya malah jadi lembab, dan mengurangi seret saat kapas digosok. Saya pakai Viva Milk Cleanser yang murah meriah ajahh, karna menurut saya cleanser gaperlu mahal-mahal, dan gaboleh pelit-pelit juga makenya, kalau murah gini kan nggk sayang-sayang hehehe, daya bersihnya bagus kok.

Second step, setelah milk cleanser diseka pakai kapas, saya lanjut foaming wash buat menghilangkan sisa-sisa mineral oil dri milk, karna kalau dibiarkan begitu saja mineral oil ini bisa menyumbat pori-pori. Lagi-lagi saya pakai yang murah meriah, Dee Dee Children’s Facial Wash, iyaahh saya pakai facial wash anak-anak punya, soalnya sejauh ini cuman Dee Dee yang gabikin kulit saya ketarik, gapedih dimata dan busanya melimpahh, hehehe, daya bersihnya good.



Hydrating

Setelah bersih-bersih kelar, lanjut hydrating. Apasih itu? Itulohh step dimana kulit kita diberi asupan air supaya dia ga dehidrasi, biasanya menggunakan hydrating toner/toner non alcohol,essense dll. Pernah ga kulit kamu berminyak banget, tapi saat diseka pakai tisu/oil control paper malah jadi kering? Hmm itulah tanda-tanda kulit yang dehidrasi. Kulit saya sejak taun 2017 gabisa lepas dari hydrater, saya gamampu beli yang mahal-mahal kyk FTE Es-Kei-Tu ituuhh, jadinya saya buat toner ndiri, nyontek resepnya mbak Lintang dengan beberapa modifikasi disesuaikan dengan kondisi kulit saat itu.

Sejauh ini sudah banyak hasil eksperimen DIY toner saya, tapi yang jadi favorite yaa DIY Rice fermented toner hehehe, saya tambahin sari timun 20% buat efek shooting, enak deh makin adem dan aroma fermentasinya tersamarkan.

Sebagai penunjang, saya mix sama Hydrating Aloe Vera Gel Wardah punya, karna yang namanya homemade skincare cuman bekerja dilapisan kulit terluar aja, butuh bantuan alcohol atau propylene glycol  supaya dapat bekerja lebih dalam. Gel ini buildable banget lohh, dicampur sama apa aja bisa, asal jangan dicampur kenasi goring ajin.
Bagaimana memakai hydrating supaya hasilnya maksimal? Saya sudah banyak mencoba metode yang dipopulerkan oleh para suhu, dari CSM (Chizu Saeki Method), Gampar-gampar method, Oles-oles kapas method dan method-method lainnya. Tapi cuman satu yang benar-benar menunjukkan hasil maksimal, dan akhir-akhir ini sedang ngetrend, yaitu 7 Skin Method yg dipopulerkan oleh Koreans. Serius deh metode yang satu ini garibet asal bener dalam menakarkan toner/layer-nya.
Saya tadi bilang make 2 jenis hydrater kan? Nah jadi layer 1-3 saya pakai DIY toner secara single use, barulah layer ke-4 sampai 5 saya tambah hydrating gel, lanjut terakhir layer 6-7 pakai DIY toner secara single use lagi. Beginilah kronoliginya kira-kira :
1.       Toner
2.       Toner
3.       Toner
4.       Toner+gel
5.       Toner+gel
6.       Toner
7.       Toner

Ribet? Enggak kok, nikmatin ajin.

Nah, yang bikin nagih, selang beberapa menit kulit jadi dingin sampai kedalam-dalam, enake, coba ajaah.

Moisturizing

Kelar hydrating, lanjut moisturizing. Lah apa bedanya? Beda kalau kata gue Bedanya hydrating itu menghidrasi kalo moisturizing itu mengunci kelembapan kulit, supaya molekul air dri hidrasi tdi tidak gampang menguap. Saya cuman make moisturizer pada malam hari aja, dan cuman punya satu, tapi sejauh ini belum mau ganti, yaitu Honey!  Honey disini bkan nama merk kok, itu beneran madu hutan saya oles oles buat moisturizer, hasilnya jelas lengket ya bokk, tapi saya udah terbiasah dengan perasaan itu :v karna resultnya yang bikin kulit kencang dan super moisturizing my skin, saya teteup pake ini, belum dapat pengganti yang cocok.

Sunscreen

Kalo sunscreen tau lah ya buat apa, saya hampir gabisa keluar rumah kalau gapakai sunscreen, karna kulit saya bisa memerah dan perih kalau berada dibawah sinar matahari tanpa perlindungan. Dari awal peradaban  sampai sekarang sunscreen ga pernah mau ganti, teteup Acnes UV Tint SPF 35 PA+++. Murah, efektif, tahan air dan bisa sekaligus makeup primer. Jadi Acnes UV Tint ini selain berfungsi sebagai proteksi terhadap sinar UV, dia juga bisa menyamarkan pori-pori dan meratakan warna kulit, persis make CC Cream. Dikulitku oil controlnya jga bagus, awal dipke keliatan dewy, lama-kelamaan nge-set jadi matte, suka!

Selain kulit wajah, bibir juga dikasi sunscreen dong ya. Sekarang ini sudah banyak beredar lip balm yang mengandung sunscreen, salah satunya Khalisa Lip Balm SPF 25 Red Cherry Papermint, sebenarnya ini baru aja saya beli sebagai pengganti lipbalm yang lama, overall dia enak kok nggk berat dibibir dan memberi warna merah yang natural, bagus buat touch up di sekolah.

Lip Balm/Lip Butter/Tinted Lip Balm

Malam hari saya memakai lip butter yang super moisturizing dan lengket, supaya tahan sampai pagi hari. sejauh ini saya baru mencoba Nivea Lip Butter Maccadamia, belinya udah lama, 5 bulan lagi expired dan punya saya masih ada setengah can :v kadang saya alih fungsikan sebagai pelembab tumit yang pecah supaya cepat habis, worth it kok hehehe.

Kalau Nivea Lip Balm Shooth&Protect itu, udah mau habis, saya makainya sejak taun 2015 dan sering repurchase, kemana-mana pasti saya bawa sampai packagingnya buluk begitu. Karna sudah bosan dan peradaban si Nivea ini hampir punah di Pontianak, jadilah saya cari penggantinya yaitu Khalisa Lip Balm Red Cherry Papermint, dia ada tint merah yang cantik jadi bibir ga pucat-pucat amat lah make ini ke sekolah, karna di sekolah saya peraturannya ketat jadi kayaknya bakalan suka sama si Khalisa.

Mask and Exfoliant

Nah kalo masker saya makenya gatiap hari tentu saja, rajinnya sih 3x seminggu, semalas-malasnya 1x seminggu. Masker saya selalu seputaran DIY, gapernah beli masker over the counter lagi, karna banyak banget bahan-bahan kimia yang gapenting, active ingredients dari maskernya cman sekian persen, belom pengawetnya yang beruntun supaya menjaga active ingredients si masker, parfumenya buat nutupin wangi bahan kimia dan seabrek alasan yang bikin saya males ngeluarin duit buat beli masker. Kalau ada yang lebih efektif tanpa budget yang besar, kenapa pilih yang lain,kan? Ribet dikit gapapalah, saya sudah terlalu menikmati keribetan ini.

Masker sekaligus exfoliant favorite saya masih DIY Rice Mask Wash Off yang sedikit lagi mau habis, ada ide DIY masker wash off yang kering ga? Kalau ada, bilang di kolom komentar ya :v



Kayaknya sampai saat ini cuman itu skincare routine saya, ga panjang kan? Karna saya bukan penganut 10 layering skincare yang mana lebih cocok sama manusia berumur 20-an, I think. Untuk anak kecil 17tahunan kyk saya, yang bacic sudah cukup kok. Belum ada niat nambah serum nihh, rencananya mau buat serum ndiri, pake asam askorbat,niasinamida sma gliserin, biar ga mengandung kawanan silicon, tapi di Pontianak masih susah cari bahan-bahan kimia, males jadinya.

Eh tapi walaupun saya ga pakai skincare yang berfokus ke whitening/brightening kulit saya tetep cerah kok dengan skincare routine yang sekarang, asal kulit kita dibersihkan dengan benar, hidrasi yang baik, terlindung dari UV dan rutin exfoliating insyaaAllah kulit bakalan sehat dan tampak cerah kok J

Cleansing-Hydrating-Moisturizing-Mask-Exfoliating cukup!


Komentar

  1. Hai, baru tau ternyata Raysya beauty blogger juga. Kuper banget gw!

    Iya, untuk yang remaja remaja CTMP (Cleansing-Toning-Moisturizing-Protect) udah paling sempurna sih apalagi cocok kan. Btw, kalau pake skincare DIY jangan di toko kimia ya, cari yang pharmaceutical grade / cosmetic grade.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mas Reza! Terimakasih sudah berkunjung, ga nyangka blog abal2 saya dikunjungi sma mas šŸ˜ saya ngeblog jga masih baru kok, bkan masnya yg kuper, hehehe. Disini agak susah sih cari bahan2 DIY yg cosmetic grade, ntar mau pesan online aja, derita tinggl di pelosok

      Hapus
  2. Pake madu buat moisturizer nya itu dibawa tidur apa gimana?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer