D.I.Y Blackhead Remover

Roses is Red, Red is love(apaan -_-)

Assalamu’alaikum wa rahmatullah


Siapa disini yang langganan komedo? Rata-rata orang yang kulitnya oily pasti memiliki komedo, minimal blackhead, what is blackhead? Itu lohh.. komedo terbuka yang kadang bikin idung mirip landak, biasanya warnanya putih ato kuning, terkadang juga warnanya hitam karna sudah teroksidasi oleh melamin.

Menangani blackhead ini susah-susah gampang, tricky sekali. Salah-salah malah menyebabkan daerah yg ingin ditangani menjadi kering (pengalaman). Kulit saya ini kombinasi,normal dan oil. Daerah yang langganan komedo adalah hidung! Dan blackheadnya jelas sekali terlihat, hitam bintik-bintik gitu.


Setelah mencoba beberapa resep serta melalui trial and error, akhirnya saya menemukan cara menghilangkan blackhead dengan homemade remedie , ini diaa..

Bahan :
·         Madu
·         Baking Soda

Cara pakai :
·         Campurkan kedua bahan tersebut hingga membentuk pasta
·         Lalu oleskan ke hidung yang sudah bersih dri sebum dan makeup
·         Lalu scrub dengan gerakan memutar selama beberapa menit (saya biasanya 3menitan)
·         Diamkan selama 10-30 menit, lalu bilas.

Hidung saya langsung bersih tanpa ada kulit yg mengelupas, malahan jadi lembab dan 'licin', yang pke baking soda pasti tau rasa licinnya :v
Regime ini saya terapkan setiap 3 hari sekali, karna yaa.. blackhead tidak bisa hilang secara permanen, setelah terpapar debu,sebum,sunblock dan makeup yg comedogenic si blackhead ini pasti balik lagi. Maka dari itu harus rutin membersihkan pori-pori wajah, PR banget buat yg punya pores geday-geday dan oily skin.

How about Ingredients?

1.       Kenapa madu?..
Madu hutan refill, masukkan ke botol fliptop, karna klo msih dijerigen jadinya ribet


Karna madu ini bisa jadi deep cleanser, good moisturizer, healing for acne, antibiotic etc. Selama proses scrubbing pori-pori akan membuka, pori-pori yg terbuka rawan terinfeksi bakteri penyebab masalah kulit terutama Propionibacterium acnes, tersangka jerawat! Dan madu memang sifatnya sebagai anti bacteri. Selain itu apabila madu digunakan secara topical, dia tidak mengering walau dibiarkan beberapa lama, klop emang klo dicampurkan sama baking soda. Pernah sekali saya ganti pakai air, beuh.. langsung mengering dalam beberapa menit! Jadi sebaiknya pakai madu aja, bagus juga supaya hidung ga kering kerontang.

2.       Kenapa baking soda?
merek onta, pontianak punyaaa

Baking soda (Natrium bikarbonat)  sifatnya basa dengan pH mencapai 9, jadi adonan yg saya buat ini termasuk alkali, Menyeimbangkan pH kulit yg asam karna biasanya pH yg rendah mudah terinfeksi bakteri dan jamur. Memang pH baking soda yang tinggi bisa berpotensi merusak kulit, but it was clearing up my blackhead in the first time! Baking soda bisa jadi deep cleanser karna dia seakan akan menarik kotoran yg ada di kulit, segala sebum dan komedo ketarik, bahkan skin barrier juga terkikis, karna itu penggunaannya ga bisa sering-sering dan setelahnya jangan lupa beri skincare yg bisa mengembalikan skin barrier (for example, honey for sleeping mask). << Artikel nyusul :v

Perlu diingat, bahwa memberantas komedo itu tricky sekali, masing2 orang punya cara yg berbeda dalam menanganinya. Ini adalah cara yg sudah saya praktekkan selama beberapa bulan dan Alhamdulillah cocok. Cocok disaya blum tentu cocok di kamu, tapi apa salahnya mencoba kan? Hehehe

Selamat mencoba!

Komentar

Postingan Populer