D.I.Y Lip Tint

Hello everyone! Raysya here

Korean makeup identic dengan penggunaan lip tint yang dianggap mampu memberikan kesan natural look pada riasan bibir. Namun sayangnya produsen kosmetik Indonesia belum ada niatan untuk mengeluarkan produk lip tint,pdahal lip tint sudah booming dri jaman bahula :v. Bagi yang ingin mencicipi liquid berwarna ini,harus diorder dari Negara asalnya/lewat olshop2,otomatis harga liptint kurang bersahabat bagi kantong pelajar macam saya :v.
Saya perna mencoba lip tint pnya kkak saya dr brand korea sebut saja Etude,yang Dear Darling. Waktu liat texture-nya saya malah teringat sama food colouring mama dikulkas :v. Ingredients dari pewarna makanan sendiri terdiri dari air(water),propilen glikol(Propylene glycol,humectant,anti beku) dan pewarna(kode CL-blabla…).

Ketiga bahan tersebut juga terdapat dalam ingrds kosmetik termasuk liptint loh. Jadi bisa kalian simpulkan sendiri :v
Dari situ tercetuslah ide yang kata teman saya ‘gila’,oke teman saya emang lebay dan ga kalah gilanya. Belajar dari buku panduan mencampur warna untuk melukis,saya mencoba buat lip tint dngan warna ciptaan sendiri. Berbekal alat tempur yg bermodal  +- 20K saya mencoba bereksperimen make own liptint yg formulanya ga kalah sama liptint pablikan. Yang saya perlukan :
·       Food colouring (texture cair)
·       Pasta makanan yg ada food colouringnya(kental)
·       Wadah kaca steril da nada tutupnya
·       Pengaduk
·       Tissue
·       Aplikator(coton bud or somethinglikethat,optional klo wadahnya sdh ber-aplikator)
Sampai saat ini saya sudah punya 5 botol food colouring yang dibeli dngan cara mencicil,terdiri dr 3food colouring cair dan 2 pasta
Harga : food colouring 3.600 | pasta makanan 4.800
How to makenya gampang sekali,tinggal campurkan aja semuanya sampai mendapatkan warna yang diinginkan. Kalo mau liptint dngan undertone biru,banyakin aja FC birunya,kalo dirasa texturenya terlalu kental(kebanyakan pasta) campur aja air atau FC yang water based.
Mau merah,ungu ato biru undertone?
Membuat DIY liptint bnyak keuntungannya loh ya,apalagi kamu kamu yang suka bereksperimen,selain bisa menentukan warna liptint yang ingin dibuat,kamu juga bisa nentuin texture liptint yang kamu mau seperti apa. Jadi selain bisa menghemat,saya juga terhindar dari gangguan psikologis macam stress berlebihan gara gara gacocok sama liptint yang dibeli,hahaha  lebay.

Ini swatch ditangan dan sudah dibaur,yang atas hint orange dan yang bwah agak vampy dengan hint ungu. Perbandingan/takaran warnanya sudah tertera di foto.
Liptint ini saya pake setelah Lip Balm Sunscreen saya meresap supaya warnanya lebih sheer dipake buat sekolah. apply 3 tetes dibibir atas,2 tetes dibibir bawah,alasannya karna bibir atas saya lebih pucat warnanya. Liptint ini juga gabuat bibir seksi saya jadi kering,karna liptint nya ga cman pke FC yang cair tapi juga yang pasta,dimana pasta makanan lebih banyak mengandung thickener yang membuat texturenya lebih kental dri pada food colouring(sorbitol termasuk thickener jga ga sih?). Nahyoo,siapa yang pernah pke food colouring cair bibirnya jadi kering? Boleh atuh ditambah pasta makanan/food colouring yang kental.
Udah satu tahunan ini saya pke DIY liptint,Alhamdulillah ga ada reaksi anehaneh macam alergi, bibir menggelap atau bibir kering,rahasianyasih yang pasti bersihin bibir sebelum tidur pke lip/makeup remover ,saya pke Pixy Cleansing Express. Malamnya apply lipbalm tanpa sunscreen tebeltebel,saya  pke Viva Chic on Lips Aloe Secret Intensive use,malam hari saya menghindari lipbalm ber-sunscreen,karna takutnya sunscreen yang nempel dibibir/kulit lainnya dlm jangka waktu lama dpt masuk kepembuluh darah,apalagi klo yang partikelnya nano dan sialnya sunscreen jaman sekarang yang ngetrend malah yang nano karna nyaris tidak menimbulkan white-cast huhu be aware yo. Penggunaan lipbalm tebeltebel dimalam hari menyebabkan kulit mati yang bikin bibir kasar bersisik berubah wujud menjadi residu-putih-lembek yang mudah di angkat hanya dengan kain kasa basah. yak! Ini adalah bentuk exfoliating  bibir yang sangatsangatsangat saya sarankan karna aman bagi bibir yg sensitive sekalipun. Byebye scrub gula yang bikin bibir makin kering! Haha :v
Sekian,semoga bermanfaat!

Note: jika ada kesalahan saya mohon maaf dan tolong lemparin cendol(nasehat) gapapa kok saya ikhlas lahir batin.

Komentar

  1. Good Job Ray :) happy writing.

    BalasHapus
  2. scrub gula ternyata bikin kering toh?? aku baru tau D:

    BalasHapus
  3. pink itu yg mana iya kalo merah kan merah cabai, biru ada , unggu ada, orange yg pasta itu, kalo pink apa yg pasta merah itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pink nya aku pakai pasta makanan aroma es doger. Klo mau pke food coloring ada kok yang warnanya mirip,namanya pink rose klo ga salah

      Hapus
  4. aku ga tambahin air karna nanti warnanya jdi pudar,teksturnya encer dan susah di apply. Aku jga ga tambahin madu karna takut lip tintnya cpat rusak

    BalasHapus
  5. Mau tanya dong diy liptint gitu exp jadi kapan ya? Apa ngikutin sesuain botol pewarna makananya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenarnya exp-nya ditentuin sm kualitas liptint,ada perubahan bau dan texture tdak? tpi sebaiknya setiap 2minggu sekali diganti,agar ga ada pertumbuhan jamur di wadah ataupun aplikatornya

      Hapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Halo, mau tanya nih,lip tint pewarna makanan gitu buat bibir gelap gakk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo! Selama aku pake, liptint ini ga bikin bibir gelap, asalkan dibersihkan dengan makeup remover (like micellar water or somethng like that) dan rajin pke lipbalm! InsyaaAllah warna asli bibir tetap terjaga, smoga membantu

      Hapus
  8. kak ak mw tanya donk yg pasta makanan kakak tetesin pake ap? ato langsung tuang? makasih sebelum ny

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hello! Aku langsung tuang dibantu sama cottonbud, sama-sama :)

      Hapus
  9. Suka kak sma penjelasannya😘
    Good job
    Mau coba deh DIY liptint wkwk😝

    BalasHapus
  10. Hee, baru tau ada beginian wkwk. Good job kak, nanti mau coba ah

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer